Learning to Know, to do, to be & to live together| ©Sudarsono

Selasa, 23 Juni 2015

Membuat Daftar Isi Otomatis di OpenOffice.org Writer



Daftar isi digunakan untuk memudahkan dalam pencarian bagian-bagian informasi dalam suatu dokumen. Daftar ini umumnya menampilkan daftar halaman yang mengandung judul bab, sub bab, sub-sub bab dan seterusnya. Daftar isi dapat dibuat secara manual tetapi langkah ini kurang efektif karena butuh waktu yang relatif lama. Dengan adanya fasilitas indexing maka daftar isi dapat dibuat secara otomatis berikut perubahannya dengan mudah dan cepat.

a)   Membuat Daftar Isi

1)      Blok teks judul yang akan dijadikan daftar isi, misalnya dalam contoh ini adalah “Bab 1 : Pendahuluan”
2)      Pilih menu Insert | Indexes & Tables | Entry, 

Entry Daftar Isi

3)      Di kotak dialog Insert Index Entry terdapat beberapa bagian yang harus di pilih yaitu :
     Selection Index pilih “Table of Contents
     Bagian Entry keterangan “Bab 1 : Pendahuluan” secara otomatis ditampilkan.
     Bagian Level pilih Level : “1”, level ini untuk digunakan untuk merujuk pada judul bab. Level 1 merujuk untuk level judul bab, level 2 merujuk untuk judul sub bab, level 3 merujuk untuk judul sub-sub bab, dan seterusnya. Lakukan hal yang sama seperti langkah di atas untuk judul sub/ sub-sub bab lainnya. Bagian judul bab/sub/sub-sub bab yang telah di Entry akan terlihat berwarna “abu-abu”
     Setelah selesai klik Insert | Close
4)      Posisikan kursor pada halaman yang akan memuat daftar isi. Pilih menu Insert | Indexes & Tables | Indexes & table. Pastikan type pada kotak dialog adalah “Table of Contents”, setelah itu user  boleh menggantikan Title dari Table of Contents menjadi “Daftar Isi”, kemudian klik OK.

b)   Update Daftar Isi

Mengupdate daftar isi dilakukan bila ada penambahan halaman atau terjadinya kesalahan penulisan. Update daftar isi dengan cara :
1)      Posisikan kursor di asiran abu-abu teks, klik kanan mouse pilih Index Entry
2)      Lakukan perubahan-perubahan yang diperlukan misal menghapus isian, mengubah tulisan atau mengubah level, kemudian klik Ok | Close.
3)      Pindah ke halaman daftar isi, klik kanan mouse pada asiran abu-abu teks pilih Update Index/ Table. Perhatikan perubahan yang terjadi.

Pembuatan daftar isi, selain pada langkah yang telah disebutkan diatas dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan Styles. Dokumen-dokumen yang berisi style paragraf, style halaman dan sebagainya diterapkan dan dijadikan sebagai daftar isi. Langkah terakhir, untuk menampilkan daftar isi klik menu Insert Indexes & Tables | Indexes & Table 

Pembuatan Daftar Isi
 

0 komentar:

Posting Komentar