Kaldik SD/MI Tahun 2015/2016

Kalender Pendidikan SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 yang sudah di edit menjadi satu halaman. Terdapat berbagai versi dari gambar sampai pdf.

Poster 7K Sekolah

Poster 7k Sekolah dalam bentuk gambar, baik jpg maupun png. Silahkan di download bisa diprint untuk pajaangan di kelas.

Cara mengatasi anak yang membuat onar

Dalam proses belajar mengajar setiap tahunnya pasti ada-ada saja anak yang suka membuat onar. Simak cara mengatasinya berikut ini.

Menambahkan dan mengedit Video pada Power Point 2010

Supaya presentasi kita lebih profesional, maka kita dapat menambahkan serta mengedit video langsung di Power Point.

Multimedia Interaktif Perkalian dan Pembagian

Belajar perkalian dan pembagian menjadi lebih menyenangkan dengan Multimedia Interaktif

Learning to Know, to do, to be & to live together| ©Sudarsono

Minggu, 29 April 2012

Ngonoo.com: Tempat belajar media sosial, teknologi & tips trik Online


Media sosial menurut saya merupakan menu pokok pengguna internet saat ini. Setidaknya itulah yang saya alami sendiri. Dalam melaksanakan aktivitas online tersebut hampir 90% saya habiskan untuk media sosial. Mungkin sobat bertanya-tanya, apa saja sih yang termasuk media sosial itu, kok sampai 90%. Atau mungkin ada yang masih berfikiran bahwa media sosial hanyalah facebook ataupun twitter? Seperti dikutip dari wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Contoh dari media sosial itu misalnya: wikipedia, twitter, youtube, facebook, game online dll.
Source: Wikipedia
Nah dalam menjalani aktivitas online tersebut pernahkah sobat menemui jalan buntu? Yang saya maksudkan disini adalah kesulitan. Saya yakin 99% sobat pernah mengalaminya. Setidaknya hal itulah yang sering saya temui, maklum newbie merajuk. Untuk itulah maka kita perlu belajar agar dapat menemukan jalan keluar dan tak menemui kesalahan yang sama di kemudian hari. Mungkin untuk belajar mengenai ngeblog, bisa kita dapatkan lewat kursus. Namun jika yang kita temui adalah masalah dalam menggunakan media sosial seperti facebook atau twitter gak mungkin kan kita musti kursus segala? Jika media sosial tersebut hanya kita jadikan sebagai ajang hiburan dan bersosialisasi sepertinya gak mungkin juga kalau kita musti kursus. Yah pasti akan menyita waktu dan tenaga, serta uang pastinya adus. Untuk itulah disini saya akan memberitahu sebuah website yang akhir-akhir ini biasa saya gunakan untuk menimba ilmu tentang media sosial maupun tips trik online.

Homepage NGONOO

Website tersebut adalah NGONOO.com. NGONOO adalah sebuah situs Komunitas Media Online yang menyajikan informasi mengenai media sosial, perkembangan teknologi, budaya digital dan tips trik dunia online. Disini sobat akan mendapatkan banyak sekali informasi yang dapat digunakan sebagai bahan belajar tentang semua masalah seputar dunia online. Mungkin ada diantara sobat yang asing dengan istilah yang digunakan sebagai domain yaitu ‘NGONOO’, namun untuk saya yang notabene asli ‘wong njowo’ (baca: orang jawa) kata tersebut tak asing lagi. Namun pertama kali tau situs NGONOO saya juga sedikit ragu, apakah ‘NGONOO’ yang dimaksud sama seperti yang ada dalam pikiran saya ‘NGONOO’ bahasa jawa, ataukah bahasa asing atau nama oarang? Usut punya usut ternyata dugaanku benar, NGONOO yang dimaksud disitu adalah ‘NGONOO’ dalam bahasa jawa. 

Jika anda melihat berbagai artikel dalam postingan tersebut pasti menunjukkan ciri khas tersendiri, contohnya pada postingan yang berjudul Mencari Tanggal Lahir kita di Twitter pada akhir kalimat itu menyebutkan kalimat, “Yo Ngonoo kwi…”. Hal itu yang menandakan bahwa itu pasti adalah blogger asli Indonesia, dan pastilah Jawa sukunya. NGONOO adalah sebuah istilah dari bahasa jawa yang sering digunakan untuk menyampaikan maksud (baca: artinya) kurang lebih 'begitu' atau ‘seperti itu’. Lhoh kok begitu? Seperti itu? Yang seperti apa? Ya sudah agar lebih jelas, ayo simak percakapan antara Unyil dan Usrok di bawah ini!

Usrok
:
Srok, saiki aku gaul no. Saiki aku duwe modem anyar, trus wis twitter-twitteran. adusangel
(Srok sekarang saya jadi gaul. Saya punya modem baru, dan sudah twitteran sekarang)
Unyil
:
Wah koyo ‘ngonoo’ kok ngaku gaul, aku we mbendino twitteran kok. fikir
(Wah ‘seperti itu’ kok ngakunya gaul, aku saja sudah tiap hari twitteran)
Usrok
:
aroundMaklum to nyil, lha kene biasane nang sawah. Ow yo, yen twitteran kae kok ono RT-RTnan ki maksud’e pie to nyil? RT rukun tangga po pie, Bapakku kan malah ketuane ? sighsigh
(Maklum lah nyil, saya kan biasanya ke sawah. Ow ya, kalau aku baca tweet-tweet kok isinya RT-RTnan nyil? RT rukun tangga atau gimana, Bapakku kan malah ketua RTnya)
Unyil
:
merajukmerajukAhaha.., Udu kui nyil, kae ReTweet Classic.
(Ahaha.., Bukan itu srok, itu ReTweet Classic)
Usrok
:
Ow, mksudku yo kui nyil. Tapi mau tak coba ReTweet kok ra metu RTne yo? sighsighMung tondo ijo nang pojokan. gile
(Oh, maksudku juga itu nyil. Tapi tadi tak coba ReTweet kok ga keluar Rtnya ya? Cuma tanda hijau di pojokan).
Unyil
:
Wah saiki ReTweet sek RT-RTnan ngonoo kui wis ra isoh srok yen soko Twitter web langsung. siul
(Wah sekarang ReTweet yang ada RT-Rtnan ‘begitu/ seperti itu’ sudah tidak bisa srok jika diakses dari Twitter web langsung).
Usrok
:
Lha trus pie srok? Yen pengen gawe ngonoo kui? Yen nggo hpku kan ra isoh, ngerti dewe HP jaman kompeni. sighsigh
(Lha trus gimananyil jika ingin buat seperti itu? Kalau pakai hpku kan jelas tidak mungkin, tau sendiri HP jaman kompeni).
Unyil
:
Tenang wae srok, tetep isoh RT-RTnan koe. Carane nganggo RT-Classic. Ayo tak Ajari. gigitjariblur
(Tenang srok, tetap bisa RT-Rtnan kamu. Caranya pakai RT-Classic. Ayo tak bantuin).
--Singkat cerita, si unyil sudah menjelaskan kepada usrok.--
Usrok
:
Ow ‘ngonoo’ too.. Tapi kok seh rodo bingung aku yo nyil. Kowe kok pinter men to nyil, padahal yo mung lulus STM koe. pokpokcallme
(Ow begitu/seperti itu yaa.. Tapi kok saya masih sedikit bingung ya nyil. Kamu kok pintar sekali, padahal juga Cuma lulus STM (baca: SMK) )
Unyil
:
womenWuoo, ojo salah srok, saiki jamane kan kemajuan jamane internet, dadi ojo nganti gaptek koe. angel
(Wah jangan salah srok, sekarang jamannya kan kemajuan, jaman internet, dadi ojo nganti gaptek koe).
Usrok
:
sighsighLha carane men ra gaptek pie nyil?  Ajar karo koe wong koe yo ngarit terus.
(Lha caranya biar gak gaptek gimana nyil? Belajar denganmu, orang kamu aja nyari rumput terus)
Unyil
:
Carane yo ngonoo kae. Ahahaha.., merajukmerajuk
(Caranya ya seperti itu lah. Ahahaha..,)
Usrok
:
doamaludoa Tenanan lho nyil, ilmu ojo pelit2 koe. Mati meh ngojek po pie?
(Beneran lho nyil, ilmu itu jangan pelit2. Mati mau naik ojek apa.??
Unyil
:
Eiiitss... adacalladacall Tenang srok, maksudku ‘ngonoo’ yoiku ngonoo.com situs alias website. Nang kono kumpulane informasi sek khusus mbahas media online, perkembangan teknologi, lan tips trik online Gratis srok. blur
(Tenang srok, maksudku ‘ngonoo’ tadi tu ya situs/website ngonoo.com. Di website itu kumpulannya informasi yang khusus membahas media online, perkembangan teknologi, dan tips trik online. Dan itu semua informasi tersebut gratis srok)
Usrok
:
Oww, dadi ‘ngonoo’ to rahasiamu kok isoh pinter ki..gile
(Oww, jadi ‘begitu/ seperti itu’ ya rahasiamu bisa jadi pintar).
Unyil
:
Yo ‘Ngonoo’ kui rahasiaku. Yo wes ayo jajakne angkringan sek anggere.fikir
(Ya ‘seperti itulah rahasiaku. Ya sudah ayo aku di belikan bakso dulu).
=== the end ===
*Cerita semi fiktif, terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis dan salah satu artikel dari NGONOO yang berjudul 'Cara menambahkan RT-Classic di Twitter Web pada Mozilla Firefox dan Google Chrome'. 

Gimana sudah tau kan arti kata ngonoo? Sekarang tentang situs NGONOO.com apa sudah tau? Jika belum berikut sejarah singkat pendiriaannya.

Sejarah Singkat NGONOO

Click to go to Ngonoo
Berdasarkan sumber yang saya dapat dari salah satu top kontributor NGONOO yaitu blognya kang Jauhari di ID-JAUHARI. Singkatnya NGONOO.com merupakan sebuah aktualisasi ide-ide brilliant dari para webmaster-webmaster maupun penggiat media online di Jogja. Ide itu muncul dari sebuah perkumpulan CahSetuSonten, yaitu kumpulan pencinta rembukan (diskusi) dan juga sharingan/berbagi yang mulai aktif pada tahun 2011. Berawal dari sebuah keprihatinan atas kondisi masyarakat saat ini, khususnya dari sebuah tagline di 9GAG yang berbunyi sebagai berikut.
“Kita hidup dijaman Telepon Cerdas dan Orang2 yang Bodoh (belum belajar bagaimama seharusnya memperlakukan telpon cerdasnya)”
Jika kita memaknai kalimat tersebut maka sesungguhnya sangat dalam artinya. Secara lebih detail kira-kira seperti ini maksudnya. Saat ini kita sudah memasuki era smartphone, namun kebanyakan dari mereka kurang mampu mengoptimalkan perangkat tersebut. Smartphone hanya digunakan sebagai ajang gengsi atau pamer semata. Sehingga fungsi dari sebuah smartphone tersebut tidak ada bedanya dengan HP jadul saya alias Mubadzir. Hanya digunakan untuk sms, telepon maupun internetan yang hanya sekedar facebookan atau twitteran. Padahal smartphone tersebut sebenarnya dapat kita optimalkan untuk mempermudah dan membantu kinerja kita sehari. Misalnya untuk mengecek Tagihan listrik, Telepone atau mungkin tagihan Speedy bagi yang berlangganan. Smartphone kita juga akan menjadi lebih smart lagi dengan menggunakan suatu aplikasi tambahan seperti evernote. Evernote, sebuah catatan cerdas yang dapat menyimpan teks, gambar, suara dan berbagai jenis teks lainnya dan bisa membagikannya kepada teman kita. 

Berdasarkan atas keprihatinan itulah maka pada akhirnya mereka setuju untuk membentuk NGONOO Media Network. Dengan sebuah mottonya yaitu, ”Belajar tidak pernah semudah ini”. Dan salah satu wujud nyata keseriusannya dalam membuat Indonesia lebih bernama, yaitu dengan meluncurkan Misi Baik Hati 1.0. Dalam misi pertamanya ini NGONOO Media Network mengadakan Kontes Berbagi dan berhadiah Samsung Galaxy Ace, Apple iPod Nano, Samsung Galaxy Young, Pulsa, Kaos keren, Domain dan masih banyak lagi. Nah artikel ini salah satunya juga saya dedikasikan untuk menyukseskan Misi Baik Hati 1.0 tersebut.  :)

Apa Kelebihan NGONOO dibanding website yang lain?

         Meskipun NGONOO sudah mempunyai ratusan postingan namun bisa dibilang NGONOO termasuk website baru. Namun untuk kualitas isi dari artikel tersebut tidak diragukan lagi. Karena memang kontributor-kontributor NGONOO adalah para webmaster-webmaster handal yang tlah berpengalaman dan melanglang buana di dunia persilatan. Eitss, dalam dunia online media maksudnya.adacall Belum lagi artikel-artikel yang posting dalam situs tersebut disajikan dengan bahasa yang ringan, mudah dimengerti serta mudah dipraktekkan langsung. Karena memang mereka menginginkan kita dapat belajar dengan mudah lewat situs ini. Selain itu tampilan dari situs ini juga simpel, dinamis dan ringan. Jika di situs-situs yang lain banyak sekali iklan-iklan yang berlalu lalang di situs tersebut, namun di NGONOO kamu tak akan menjumpainya. Sehingga walaupun dengan koneksi internet saya yang lemot, untuk membuka situs NGONOO tidak membutuhkan waktu yang lama.
            Dalam satu website tersebut terdapat beberapa kategori atau menu utama yang disajikan. Hal itu antara lain: 

Menu Utama Ngonoo
Klik gambar untuk perbesar

  1. Sosial Media. Submenu yang ditawarkan mencakup: Facebook, Foursquare, Google Plus, LinkedIn, Pinterest, Twitter, Vimeo, dan Youtube. Dalam menu ini sobat akan menemukan berbagai informasi menarik seputar berbagai media sosial. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya saat salah seorang teman facebookku yang juga dosenku meninggal dunia. Maka dari situ muncullah pertanyaan yang sebelumnya tak terpikirkan olehku. Bagaimana nasib akun facebooknya? Namun pertanyaan tersebut terjawab dari salah satu artikel NGONOO yang berjudul 'Cara Menutup Akun Pengguna Facebook yang sudah Meninggal' dan sekarang cara tersebut sudah saya praktekkan dan menunggu hasil.
  2. Tekno & Gadget. Bagi sobat yang penggila gadget maka menu ini wajib anda simak. Disini akan ada berbagai informasi menarik yang sangat berguna dalam mengoptimalkan berbagai smartphone sobat. Terdapat beberapa platform yang dibahas disini meliputi: Android, Blackberry, Ipad, Iphone, Linux, Mac, Operator, Windows dan Windows Mobile. Sayang dari berbagai informasi yang menarik disini saya hanya bisa membacanya dan memimpikan saja.busuk Semoga dalam Misi Baik Hati 1.0 NGONOO ini saya beruntung sehingga dapat langsung mempraktekkannya. Seperti salah satu artikelnya yang berjudul 'Mengubah Tampilan Android Menjadi seperti Iphone'.
  3. Hiburan. Hidup memang harus seimbang sobat, jadi selain kita dapat belajar dari NGONOO, disini kita juga akan mendapatkan hiburan. Terdiri dari berbagai submenu seperti Film, Fotografi, Game, Musik, Otomotif, Olahraga, dan TV. Disini kita akan di ajak untuk merefresh pikiran kita dari jenuhnya aktivitas sehari-hari kita. Salah satunya adalah seperti postingan video yang berjudul [Video] Game Bola FIFA Ngaco, Kiper Julio Cesar 'ML' di Lapangan.
  4. Blogging. Dalam menu ini  sobat akan mendapatkan informasi seputar dunia blogging dari berbagai platform seperti Blogger, Tumblr, Wordpress, dan sebagainya. Seperti salah satu artikelnya yang berjudul 'Cara custom domain di Blogspot'.
  5. Tips dan Trik. Membahas seputar tips dan trik online yang mungkin kadang kita tak menyadarinya. Seperti 'Cara Backup atau Menyimpan Foto Instagram ke Komputer' dan berbagai artikel menarik lainnya.
  6. Foto dan Video. Berisi informasi-informasi penting yang berupa foto maupun video. Salah satunya yaitu yang sering dipertanyakan oleh kebanyakan orang selama ini, yaitu perbandingan Android Vs iOS - Kelebihan dan Kekurangannya. Jika sobat termasuk orang yang bertanya-tanya tentang hal tersebut, langsung saja baca ke TKP, 'Android Vs iOS - Kelebihan dan Kekurangannya'.
  7. Umum. Berisi informasi-informasi umum seputar dunia online dan teknologi. Salah satu contoh artikelnya yaitu 'Gmail for Pokki Alternatif Gmail Desktop'.
  8.  Berita. Berisi perkembangan terbaru berita tentang dunia internet. Salah satu contohnya yaitu berita tentang pengambil alihan Instagram oleh Facebook yang ternyata mencapai jumlah yang fantastis, Satu Milliar Dolar. Silahkan baca selengkapnya di NGONOO.
Semua menu tersebut didesain dengan menggunakan drop down menu, sehingga memudahkan kita dalam bernavigasi. Selain itu NGONOO juga menampilkan tampilan yang dinamis. Ketika saya coba mengakses situs tersebut dari HP butut saya, ternyata juga support untuk tampilan mobile. Sayang saya tak bisa mengambil screenshotnya. sigharound Nah dengan demikian sehingga kita dapat terus mendapatkan info-info anti gaptek dari situs tersebut dimanapun kita berada. Yang menarik lagi dari website berlogo burung hantu ini adalah adanya rekap artikel selama sepekan yang dipublikasikan pada setiap minggu.
 
Ada Rekap setiap Minggunya

Jadi sobat tidak perlu khawatir ketinggalan info dari NGONOO jika anda tak sempat mengunjunginya dalam beberapa waktu. Di rekap nanti semua materi akan di ulas secara sekilas dan diakhir postingan akan ada link untuk setiap artikelnya. Ow ya satu lagi, setiap anda membaca artikel artikel rekap tersebut, pasti sobat akan lebih bersemangat lagi karena akan ada kata-kata bijak di akhir postingan tersebut atau 'Quote of this Week' . Bagaimana, menarik bukan?

Siapa saja Kontributor NGONOO?

Nyilih PPne maEnthon9adacall 
        Pepatah lama mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang". Maka dari itulah tak lengkap rasanya jika kita tidak tahu siapa aktor dibalik NGONOO yang telah tanggap dan tergerak hatinya dengan kondisi masyarakat di negeri ini. Mereka adalah kumpulan webmaster-webmaster handal hasil dari didikan berbagai universitas terkemuka di Indonesia. seperti UGM, STT Telkom Bandung, UMM, AMIKOM, UAD dll. Mereka juga berasal dari berbagai kota di Indonesia, selain sebagian besar dari jogja, juga ada yang dari Semarang. Dan satu lagi ternyata ada yang berasal dari kotaku Klaten, yaitu mas @Wisnu. Jika sobat jeli, maka sebenarnya informasi ini juga ada di situs tersebut. Namun tak ada salahnya saya mengulasnya disini. Marilah kita mengenal lebih jauh para webmaster-webmaster ini. Dan inilah mereka beserta blog pribadi maupun akun media sosialnya yang saya urutkan berdasarkan daftar Top Kontributor NGONOO saat ini. Monggoo...,

Kontributor
Blog
Facebook
Twitter
Google Profile
-

          Selain top kontributor tersebut sebenarnya masih banyak kontributor yang lain, diantaranya: Aam Krisnadi, Anom Birowo, Ardi Jatmiko, David Setyawan, Eko Prasetyo, Fahmi Adib, Irwan Kartodipuro, Redaksi, Rofiul Hadi, Rudy Setyo Purnomo, Sofyan Rosyidi, Tedi Fibri, Toni Setyobudi, Wahid Hasan dan Wisnu Hendro. Nama-nama tersebut tidak bisa saya uraikan seperti pada tabel karena keterbatasan waktu yang keburu dikejar deadline. Hal tersebut juga saya maksudkan untuk menyemangati mereka agar semakin eksis lagi dalam memberikan konstribusi, saling berlomba-lomba menambah artikelnya. Sehingga akan banyak lagi yang akan terbantu dengan masalah gapteknya. Semangat memajukan negeri untuk para kontributor NGONOO. :D

Saya sendiri sebenarnya juga belum mengenal dekat dengan mereka, namun saya sedang mencoba untuk mengenal mereka dengan mengikuti akun media sosialnya. Seperti follow akun twitter serta facebooknya. Namun untuk facebook belum ada konfirmasi*. Maklum, mungkin karena mereka saat ini sedang jadi artis alias bisa dikatakan sebagai trending topic di dunia blogging. Jadi mungkin sekarang sedang banyak mendapatkan permintaan pertemanan. :D  Semoga setelah membaca tulisan ini nanti dapat segera dikonfirmasi. Sehingga saya yang newbie ini dapat lebih banyak info lagi dari mereka lewat media sosialnya. Eh iya, untuk akun saya Tholee Cla X untuk Twitter @Tholee_19, dan untuk Google plus Tholee Sudarsono. :) *Update: Udah ada yang konfirmasi. angel Thanks buat mas Toni Setyobudi & Taufiq Hasan salam persahabatan. fikir

Kesimpulannya NGONOO merupakan tempat (baca: situs/ website) yang tepat jika sobat ingin belajar lebih jauh tentang media sosial, perkembangan teknologi serta tips dan trik dalam dunia online lainnya. NGONOO disebut juga situs anti gaptek, jadi jika sobat tidak ingin gaptek maka rajin-rajinlah mengunjunginya. Karena dalam pendiriannya NGONOO sendiri telah diciptakan untuk membasmi penyakit teknologi tersebut. Walaupun tidak semua yang ada di situs itu dapat saya praktekkan namun setidaknya hal tersebut dapat menambah wawasan saya. Semoga setelah punya smartphone nanti saya dapat mengamalkan ilmu-ilmu yang saya dapatkan dari situs anti gaptek tersebut.  doa

Akhir kata mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyebutan nama, gelar, jabatan maupun dalam pencantuman link. Jika terjadi demikian, maka itu tidak ada unsur kesengajaan di dalamnya.adacall Jangan lupa untuk selalu mendapatkan informasi dari NGONOO, silahkan like fanspage facebook ngonoo disini, foloow juga twitternya @Ngonoocom serta jangan lupa follow google plus pagenya di NGONOO. Ayo sebarkan informasi ini pada teman-temanmu sobat, agar semakin banyak orang yang mendapatkan informasi yang bermanfaat dan memusnahkan virus gaptek dari Indonesia. 

blurMajulah terus Bangsaku, Jayalah Negeriku!! blur