Learning to Know, to do, to be & to live together| ©Sudarsono

Kamis, 23 Juni 2011

RPP Struktural (Kancing Gemerincing)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Sekolah                       : SD N 3 Sobayan
                                    Mata Pelajaran            : Matematika
                                    Kelas/ Sem                  : IV / 1
                                    Waktu                         : 2 x 35 Menit

I.                   STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.

II.                KOMPETENSI DASAR
2.2  Menentukan kelipatan dan faktor dari suatu bilangan

III.             INDIKATOR
2.2.1 Menentukan kelipatan dari suatu bilangan

IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan bilangan prima
2.      Melalui diskusi siswa dapat menuliskan himpunan kelipatan suatu bilangan

V.                DAMPAK PENGIRING
Setelah selesai mengikuti pembelajaran ini siswa mampu menggunakan kelipatan dari suatu bilangan dalam menyelesaikan masalah yang ia hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

VI.             MATERI PEMBELAJARAN
Kelipatan Bilangan
1.      Menentukan kelipatan suatu bilangan
Mengingat bilangan loncat
2, 4, 6, 8, 10, dan seterusnya
3, 6, 9, 12, 15, 18, dan seterusnya
5, 10, 15, 20, 25, dan seterusnya
2.      Kelipatan persekutuan dua bilangan
Kelipatan persekutuan dari dua bilangan adalah kelipatan-keliptan dari dua bilangan tersebut yang nilainya sama.
                        Contoh :
Bilangan kelipatan 2 adalah 2, 4, 6, 8, 10, 12, …
Bilangan keliptan 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18, …
Kelipatan persekutuan dari bilangan  dan 3 adalah 6, 12, 18, …

VII.          METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode                        : Ceramah, Tanya jawab, diskusi
2.      Model pembelajaran    : STRUKTURAL ( Kancing Gemerincing )

VIII.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa dimotivasi dengan mencongak perkalian.
b.      Tanya jawab tentang bilangan loncat, dan bilangan prima.
c.       Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
10 Menit
a.   Ceramah
b.   Tanya jawab

2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bilangan prima.
b.      Melalui Tanya jawab siswa diminta menyebutkan cotoh bilangan prima.
c.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kelipatan suatu bilangan dan cara mencari himpunan keliptan suatu bilangan.
d.      Siswa memperhatikan contoh cara mengerjakan soal di papan tulis.
e.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
f.       Guru menyiapkan satu kotak kecil yang berisi potongan sedotan.
g.      Sebelum memulai tugasnya,tiap siswa dalam kelompok mendapatkn satu buah potongan sedotan.
h.      Setiap kali siswa maju mengerjakan soal, dia harus menyerahkan potongan sedotan kepada guru.
i.        Siswa yang sudah tidak mempunyai sedotan sudah tidak bisa maju lagi.
j.        Siswa menyimak dan mengoreksi pekerjaan temannya yang maju.
50 Menit
a. Ceramah
b.Tanya jawab
c. Diskusi

3.
Penutup
a.       Siswa bersama dengan guru membuat kesimpulan pelajaran hari ini.
b.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
10 menit
a. Ceramah


IX.             MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a.       Media                          : Kartu angka
b.      Sumber Belajar            : Silabus kelas IV, BSE Ayo belajar matematika kls IV Burhan Mustakim-Ary Astuti.

X.                PENILAIAN
a.       Prosedur          : tes akhir
b.      Jenis                : tertulis
c.       Bentuk             : subyektif
d.      Alat tes            : soal, kunci jawaban, criteria penilaian, lembar pengamatan.



Mengetahui,
Guru Pamong



( Ngadiman, S.Pd )
NIP:…………………….

Klaten,        September 2010
Praktikan



( Endang Yuliani )
NIM: X1808009
           









Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan soal di bawah ini dengan cara berdiskusi dengan teman sekelompokmu !
A.    Tentukan bilangan loncat kelipatan yang ditentukan.
1.      Kelipatan 2

!     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !                  
1    2    3    4     5    6    7     8    9   10   11  12  13   14  15  16

2.      Kelipatan 4


!     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !
            0    1    2    3     4    5     6    7    8    9    10  11   12  13  14   15

3.      Kelipatan 5

!     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !     !
0    1    2    3     4    5    6    7     8    9    10   11  12  13  14   15

Kelompok ……..
1.      ………………………….
2.      ………………………….
3.      ………………………….
4.      ………………………….
5.      ………………………….






LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan soal di bawah ini dengan cara berdiskusi dengan teman sekelompokmu !
B.     Tuliskan himpunan kelipatan dari suatu bilangan di bawah ini :
1.      Himpunan kelipatan 3 lebih besar dari 2 dan lebih kecil dari 30
Jawab : ………………………………………………………….

2.      Himpunan kelipatan 6 lebih besar dari 12 dan lebih kecil dari 50
Jawab : ………………………………………………………….

3.      Himpunan kelipatan 7 lebih besar dari 9 dan lebih kecil dari 80
Jawab : ………………………………………………………….



Kelompok ………
1.      ………………………….
2.      ………………………….
3.      ………………………….
4.      ………………………….
5.      ………………………….





LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan soal di bawah ini dengan cara berdiskusi dengan teman sekelompokmu !
C.     Tentukan kelipatan persekutuan dari :
1.      Bilangan 4 dan 5
Jawab : …………………………………………………….

2.      Bilangan 6 dan 9
Jawab : …………………………………………………….

3.      Bilangan 6 dan 8
Jawab : …………………………………………………….


Kelompok ………
1.      ………………………….
2.      ………………………….
3.      ………………………….
4.      ………………………….
5.      ………………………….



Lampiran 2

LEMBAR EVALUASI

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar !
1.      Bilangan prima yang lebih kecil dari 10 adalah …..
2.      Kelipatan dari 6 adalah 6, 12, … , 24, dst
3.      Kelipatan 8 lebih besar dari 20 dan lebih kecil dari 30 adalah …
4.      5, 10, 15, 20, dst adalah merupakan himpunan kelipatan dari bilangan …
5.      Kelipatan persekutuan dari bilangan 2 dan 3 kurang dari 10 adalah …


KUNCI JAWABAN
1.      2, 5, 7
2.      18
3.      24
4.      5
5.      6

PEDOMAN PENILAIAN
Tes tertulis
No
Skor Maksimal
Skor Perolehan
Nilai Akhir
1.
2.
3.
4.
5.
2
2
2
2
2

Skor perolehan x 100
Skor maksimal
JML
10





0 komentar:

Posting Komentar